Tempat Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai

blogger templates
Tempat Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai - Seperti yang kita ketahui, Gunung Kidul merupakan kabupaten yang kaya akan potensi wisata alamnya. Ada beragam wisata alam yang dapat dikunjungi selain pantai, seperti gua, embung, gunung, air terjun, perbukitan, sungai dan lain-lain.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tempat wisata di gunung kidul secara umum. Namun pada kesempatan kali ini, kita juga akan membahas kembali tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Gunung Kidul. Tetapi yang membedakan pada pembahasan kali ini yaitu, tempat yang akan kami bagikan untuk referensi liburan Anda yaitu tempat wisata di gunung kidul selain pantai.

Baca : Tempat Wisata di Gunung Kidul

1. Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci - Sumber : detik.com
Gunung Kidul sebelum dikenal dengan beragam pesona wisata alamnya, Gunung Kidul sebelumnya dikenal sebagai kabupaten yang gersang karena banyaknya perbukitan kapur di kawasan tersebut. Namun siapa yang menyangka, dibalik itu Gunung Kidul menyimpan potensi alam yang luar biasa yang sulit untuk ditemukan di daerah lain. Contohnya yaitu cave tubing kalisuci.

Cave tubing kali suci merupakan wisata alam cave tubing pertama yang ada di Indonesia. Selama kegiatan ini, kita akan diajak menyusuri perut bumi selama kurang lebih 1 jam menggunakan pelampung ban mengikuti air yang mengalir.

Untuk dapat menikmati wisata cave tubing kalisuci ini, Anda cukup menyiapkan uang kurang lebih Rp. 70.000. Sedikit catatan, apabila Anda akan mengunjungi cave tubing kalisuci, ada baiknya untuk menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk memastikan apakah kondisi sungai aman untuk dikunjungi. Karena pada saat hujan dengan curah yang tinggi, cave tubing kalisuci akan ditutup.

2. Gunung Api Purba
Gunung Api Purba - Sumber : jogjapedia.net
Gunung api purba dulunya adalah gunung berapi yang aktif kurang lebih sekitar 60 tahun yang lalu. Namun saat, gunung api purba telah dinyatakan sebagai gunung berapi yang tidak aktif lagi. Saat ini gunung api purba menjadi tempat wisata alam yang cukup populer di Gunung Kidul.

Umumnya para wisatawan yang datang ke gunung purba yaitu untuk menikmati matahari terbit hingga terbenam kembali. Berbeda dengan gunung lainnya yang biasanya untuk mendapatkan panorama sunset ataupun sunrise harus melewati beragam rute yang sulit, jauhnya jarak menuju ke puncak, terkadang menjadi problem bagi beberapa orang. Namun di gunung api purba, untuk dapat mencapai puncak, Anda tidak perlu memiliki keahlian mendaki yang tinggi, karena ketinggian dari gunung api purba ini hanya sekitar 900mdpl dan dapat ditempuh kurang lebih hanya 1 jam pendakian.

Untuk dapat menikmati pesona dari gunung api purba, Anda cukup membayar 7000 untuk siang hari, dan 9000 untuk di malam hari.

3. Embung Batara Sriten
Embung Batara Sriten - Sumber : blogspot.com
Embung batara sriten merupakan telaga buatan tertinggi yang ada di Yogyakarta. Selain memiliki fungsi utama untuk mengaliri kebun buah yang ada disekitarnya, saat ini embung sriten juga menjadi destinasi wisata yang baru di Gunung Kidul. Embung sriten akan memanjakan para pengunjung dengan udara yang dingin dan juga pemandangan yang indah.

Dengan ketinggian embung batara sriten, di pagi hari kita dapat menyaksikan matahari terbit, begitu juga di waktu senja kita dapat menyaksikan matahari tenggelam tanpa dihalangi oleh pepohonan. Di malam hari, embung sriten juga dapat memberikan pesona gemerlap kota Nglipar dan Klaten di malam hari.

Untuk dapat masuk ke embung batara sriten, Anda diharuskan membayar Rp. 3000 dan juga apabila Anda membawa kendaraan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa ribu rupiah untuk biaya parkir.

4. Puncak Kosakora
Puncak Kosakora - Sumber : siapbisnis.net
Bukit di sekitar pantai di Gunung Kidul apabila diperhatikan sering kali kita temukan. Tidak terkecuali bukit yang satu ini, yaitu puncak kosakora. Puncak ini berada sejajar satu garis dengan beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul. Puncak kosakora saat ini cukup hits dikunjungi oleh para wisatawan khususnya kalangan anak muda.

Puncak kosakora akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan lautnya yang sangat indah. Dari puncak kosakora yang hanya berketinggian sekitar 50 mdpl ini, Anda tidak hanya dapat menyaksikan lautan lepas, tetapi Anda juga dapat melihat beberapa pantai di Gunung kidul seperti pantai drini, baron dan juga kukup dari atas.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi puncak kosakora adalah di pagi dan siang hari. Dipagi hari Anda dapat menikmati sunrise dari sini, dan juga disore hari Anda dapat menikmati indahnya sunset. Apabila anda berkunjung di siang hari, kami sarankan Anda untuk menggunakan sunblock untuk mencegah kulit Anda terbakar akibat panas yang menyengat.

5. Gua Rancang Kencono
Gua Rancang Kencono - Sumber : pegipegi.com
 Gua rancang kencono merupakan salah satu goa yang bisa Anda kunjungi saat di Gunung Kidul. Untuk menuju ke gua ini, Anda dapat menuruni anak tangga yang ada hingga Anda akan disambut oleh sebuah pohon klumpit berdiri tegak. Konon katanya, di gua rancang kencono terdapat sebuah lorong yang dapat menghubungkan Anda langsung ke air terjun sri getuk.