Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Populer

blogger templates
Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Populer - Beberapa tahun lalu, Kabupaten Gunung Kidul sering sekali diremehkan seperti tempat yang terpencil dari Kota Jogja. Namun dibalik itu semua, perlu kita ketahui bahwa Gunung Kidul merupakan Kabupaten yang menyimpan banyak akan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seiring berjalannya waktu, satu persatu tempat-tempat wisata di Gunung Kidul mulai terekspose dan menyedot banyak perhatian para wisatawan apabila berkunjung di Jogja hingga saat ini.

Fakta dari Kabupaten Gunung Kidul yaitu merupakan kabupaten yang memiliki luas sebesar 46% dari total luas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul sering juga dijuluki sebagai Jogja lantai 2, hal itu disebabkan karena Gunung Kidul sendiri merupakan dataran tinggi yang juga memiliki banyak pegunungan kapur.

Jika Anda memiliki rencana ataupun sedang berkunjung ke Jogja, maka luangkanlah waktu berkunjung Anda untuk mengeksplore beberapa destinasi wisata menarik di Gunung Kidul. Di Gunung Kidul Anda dapat menemukan berbagai wisata alam yang dapat dikunjungi seperti pantai, air terjun, goa, dan lain lain.

Berikut ini adalah tempat wisata di gunung kidul paling populer versi admin infomasi terkini yang dapat menjadi referensi liburan Anda.

1. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Pantai Indrayanti - Sumber : Penabiru.com
Pantai pulang syawal atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama pantai indrayanti merupakan salah satu pantai di gunung kidul yang saat ini ramai dikunjungi para wisatawan. Para pengunjung yang datang ke pantai Indayanti akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dengan ombak air yang jernih. Pantai indrayanti terletak di desa tepus, kecamatan tepus. Untuk dapat memasuki ke wisata pantai gunung kidul ini, Anda cukup membayar 5 ribu rupiah guna membayar TPR.

Saat Anda mengunjungi pantai Indrayanti, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari tempat makan di pantai ini, karena di sepanjang bibir pantai Anda akan menemukan banyak restoran sea food yang siap memanjakan lidah Anda.

2. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal - Sumber : sarangpenyamun.wordpress.com
Pantai pok tunggal juga merupakan salah satu tujuan wisata alam pantai Gunung Kidul yang ramai diminati. Pantai pok tunggal memiliki hamparan pasir putih disepanjang bibir pantai dan pantai ini juga memiliki ombak laut yang tenang tidak terlalu besar. Saat Anda mengunjungi pantai pok tunggal, Anda akan menikmati pemandangan tambahan yaitu berupa pohon duras yang tumbuh di sekitar area pantai.

Selain itu, di area pantai pok tunggal ini juga terdapat tebing dengan ketinggian sekitar 40 m hingga 60 m. Lokasi dari pantai pok tunggal ini sendiri tidak berjauhan dengan pantai indrayanti karena masih sama-sama berada di desa tepus, kecamatan tepus. Untuk dapat menikmati keindahan dari pantai pok tunggal, Anda cukup membayar biaya masuk sebesar 2 ribu rupiah.

3. Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk - Sumber : Yukpiknik.com
Setelah wisata alam pantai, kini kita beralih ke wisata air terjun di gunung kidul. Air terjun sri gethuk merupakan salah satu spot air terjun terbaik di Gunung Kidul yang dapat Anda kunjungi. Air terjun sri gethuk jatuh diantara tebing dari ketinggian sekitar 50 m. Untuk dapat menikmati keindahan dari air terjun sri gethuk, Anda cukup membayar TPR Rp. 3000/ orang.

4. Gua Pindul
Gua Pindul - Sumber ; forumtempatwisata.com
Gua pindul yang terletak di Desa Bejiharjo saat ini juga banyak sekali diminati oleh para wisatawan dari luar Jogja. Goa pindul akan membawa Anda berpetualang menyusuri arus sungai dengan estimasi waktu kurang lebih 45 hingga 60 menit. Yang membedakan di gua pindul ini, Anda akan menyusuri sungai dalam goa yang gelap dengan menggunakan ban pelampung karet dengan jarak sekitar 300 m.

5. Bukit Bintang
Bukit Bintang - Sumber : Yukpiknik.com
Setelah lelah menikmati perjalanan seharian, kini Anda dapat mengakhiri perjalanan Anda dengan bersantai di Bukit Bintang. Tempat ini berlokasi di Jl, Jogja - Wonosari dengan jarak tempuh sekitar 15 km dari pusat kota Jogja. Di tempat ini Anda dapat bersantai sambil menyeduh teh atau kopi panas dan juga sambil menikmati indahnya pemandangan kota Jogja dari atas. Bukit bintang akan lebih indah dan romantis apabila dikunjungi pada malam hari, karena Anda akan dapat menikmati landscape kota Jogja dengan penuh gemerlap lampu.