Cara Mengatasi Anak Susah Makan

blogger templates
Cara mengatasi anak susah makan - Banyak ibu yang dilanda kekhawatiran akan sulitnya sang anak untuk makan, berbagai cara telah dilakukan namun tidak juga berhasil. Diusia anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, buah hati Anda harus makan secara teratur sehingga sang anak bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup. Namun hal tersebut kadang tidak dapat berjalan mulus, umumnya sang anak lebih susah untuk makan pada saat memasuki tahun pertama.

Cara mengatasi anak susah makan - sumber : duniaanak.org
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sang anak sulit untuk makan, contohnya seperti sedang sakit, makanan yang kurang menarik, dan lain lain. Namun berdasarkan faktor penyebabnya, kita dapat membedakannya menjadi 2, yaitu faktor fisik dan juga faktor psikis. Faktor fisik yaitu seperti anak yang sedang mengalami sakit, sedangkan faktor psikis yaitu seperti suasana pada saat makan yang tidak menyenangkan, memaksa anak untuk memakan makananan yang tidak disukainya, dan lain-lain.

Ada banyak hal yang dapat ibu lakukan agar anak kembali mudah makan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi anak yang susah makan :

1. Beri variasi makanan
Seperti yang telah disebutkan diatas, memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak disukainya dapat menyebabkan anak sulit untuk makan. Maka dari itu, ibu dapat memberikan beberapa variasi makanan yang dapat dipilih oleh si kecil sesuai dengan makanan yang disukainya.

2. Sajikan makanan dengan menarik
Setelah melakukan cara yang pertama, ibu dapat melakukan cara yang kedua ini. Cara kedua ini dirasa cukup efektif. Terkadang ketika ibu menyajikan makanan dengan tampilan itu-itu saja setiap harinya, tentu akan membuat si kecil menjadi merasa bosan sehingga mengakibatkan si kecil menjadi malas untuk makan. Untuk itu Ibu dapat menyajikan makanan untuk buah hati dengan cara membentuk makanan kedalam bentuk karakter kesukaan anak sehingga makanan tampak lebih menarik dan membuat si kecil lebih bernafsu untuk makan.

3. Kurangi porsi makanan
Berikan si kecil makan dengan cara sedikit demi sedikit mengingat lambung buah hati ibu belum dapat menerima makanan terlalu banyak.

4. Atur Jadwal Makan
Seperti halnya dengan mengatur jadwal si kecil lainnya seperti mandi, tidur, dll. Dengan mengatur jadwal makan yang teratur, buah hati anda akan lebih terbiasa untuk makan.

5. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan
Saat ibu mengajak buah hati untuk makan, hindari mengajak dengan cara seperti mengancam, menakut-nakuti sehingga dapat menyebabkan suasana makan menjadi kurang mengenakkan bagi si kecil. Selain itu jika cara mengajak yang salah tersebut dilakukan juga dikhawatirkan akan menimbulkan dampak trauma psikologis pada buah hati ibu.

6. Kurangi memberi minum disaat makan
Tentu saja minum itu penting, akan tetapi ibu juga harus dapat membatasi buah hati agar tidak terlalu banyak minum sehingga buah hati ibu tidak menjadi kekenyangan karena lambung sudah tidak dapat menampung makanan lagi.

Jika semua cara diatas telah dilakukan, diharapkan buah hati ibu menjadi lebih bernafsu dalam memakan makanannya sehingga segala kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh si kecil dapat terpenuhi dan membantu dalam masa tumbuh kembangnya. Demikian tips pada postingan kali ini mengenai cara mengatasi anak susah makan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.